Keahlian Terbaik dan Terburuk Anda

Oleh: James Gwee

Beberapa bulan yang lalu, sewaktu saya mengadakan penelitian tentang talk show saya di radio Smart FM, saya menemukan ide yang sederhana dari Brian Tracy. Idenya sangatlah sederhana, tetapi menurut saya sangat ampuh. Ide tersebut sangat relevan bagi semua orang, tidak hanya bagi mereka yang bekerja di bagian penjualan dan marketing, tetapi benar-benar relevan bagi semua orang. Ide sederhana ini juga relevan dan dapat diaplikasikan pada semua aspek kehidupan kita.

Jadi apakah ide yang sederhana tetapi “brilian” ini?

Untuk dapat berhasil, Anda membutuhkan BEBERAPA MACAM keahlian.

Keahlian TERBAIK Anda membawa Anda pada situasi sekarang.

Keahlian TERBURUK Anda akan membatasi kesuksesan Anda.

Marilah kita menganalisis kalimat-kalimat ini satu per satu.

Untuk dapat berhasil, Anda membutuhkan BEBERAPA MACAM keahlian. Brian Tracy mengatakan bahwa untuk dapat berhasil di profesi manapun, kita akan membutuhkan beberapa macam keahlian. Sama halnya untuk setiap profesi. Coba pikirkan. Untuk menjadi seorang aktor yang sukses, Anda membutuhkan beberapa macam keahlian. Untuk menjadi seorang pembicara publik yang sukses, anda membutuhkan beberapa macam keahlian. Untuk menjadi seorang manajer yang sukses, untuk menjadi seorang pemain bola yang sukses, untuk menjadi seorang supir taksi yang sukses, untuk menjadi seorang petani yang sukses, Anda membutuhkan beberapa macam keahlian.

Anda tidak dapat bertahan (apalagi menjadi sukses) dalam profesi apa pun di atas jika anda hanya mempunyai satu keahlian. Anda membutuhkan beberapa macam keahlian.

Saya yakin, bahwa sekarang, Anda akan menyadari bahwa untuk menjadi seorang penjual yang sukses, anda juga harus mempunyai BEBERAPA MACAM keahlian. Kabar baiknya adalah dalam profesi apa pun, variasi macam keahlian ini hanyalah berkisar antara 5-7 buah. Jadi Anda tidak perlu untuk sangat, sangat menguasai 20 macam keahlian! Anda perlu untuk sangat, sangat menguasai 5-7 macam keahlian. Dalam profesi penjualan, macam-macam keahlian ini termasuk:

•Kemampuan memprospek.

•Kemampuan membuat janji lewat telpon.

•Kemampuan menjalin hubungan yang akrab dengan orang yang Anda temui.

•Kemampuan menemukan fakta-fakta yang ada.

•Kemampuan mempresentasikan ide-ide Anda dengan efektif.

•Kemampuan menangani keluhan dan

•Kemampuan membaca sinyal-sinyal pelanggan yang akan membeli dan menutup penjualan.

Keahlian yang diperlukan kurang lebih sebanyak 7 macam.

Sudah jelas, sebagai manusia, kita unggul dalam beberapa keahlian tertentu, dan lemah pada keahlian-keahlian yang lain. Kita tidak pernah, benar-benar, dan sangat-sangat menguasai SEMUA keahlian ataupun menjadi benar-benar buruk pada SEMUA keahlian. Kebanyakan dari kita unggul dalam beberapa keahlian dan lemah dalam beberapa keahlian yang lain.

Itu adalah kalimat nomor 1. Sekarang mari kita menganalisis kalimat nomor 2.

Keahlian TERBAIK Anda membawa Anda pada situasi sekarang. Anda telah mencapai posisi atau tingkat kesuksesan dalam karier/pekerjaan/perusahaan karena Anda menguasai beberapa keahlian dengan baik. Mungkin Anda adalah orang yang kompeten/unggul dalam beberapa dari keahlian berikut:

•Kemampuan memprospek.

•Kemampuan membuat janji lewat telpon.

•Kemampuan menjalin hubungan yang akrab dengan orang yang Anda temui.

•Kemampuan menemukan fakta-fakta yang ada.

•Kemampuan mempresentasikan ide-ide Anda dengan efektif.

•Kemampuan menangani keluhan dan

•Kemampuan membaca sinyal-sinyal pelanggan yang akan membeli dan menutup penjualan.

Karena unggul dalam BEBERAPA dari keahlian tersebut, Anda telah mencapai tingkat keberhasilan Anda yang sekarang atau saat ini. Inilah keahlian-keahlian yang telah membawa Anda pada posisi saat ini. Tanpa penguasaan yang baik dari keahlian-keahlian tersebut, Anda tidak akan sampai pada posisi Anda saat ini. Anda akan berada di bawah posisi Anda saat ini.

Tetapi, bila Anda tetap bergantung dan menggunakan keahlian-keahlian yang sama dalam pekerjaan Anda sehari-hari, maka performance Anda TIDAK AKAN BERKEMBANG dan Anda akan tetap berada atau terpaku pada posisi Anda saat ini. Hal ini terjadi karena keahlian-keahlian tersebut telah membawa Anda ke posisi anda SAAT INI. Maka, bila Anda terus menggunakan keahlian yang sama ini, Anda juga akan terus-menerus hanya mencapai hasil yang SAMA. Itu saja. Anda tidak akan mendapatkan pengalaman ataupun perkembangan baru!

Oke, kita telah menganalisis kalimat nomor 2. Sekarang mari kita menganalisis kalimat nomor 3.

Kita setuju bahwa keahlian terbaik kita telah membawa kita pada posisi sekarang dan bila kita tetap bergantung pada keahlian-keahlian yang sama ini terus-menerus, performance kita akan tetap terpaku pada tingkat yang sama dan tidak akan berkembang.

Mengapa kita tidak dapat berkembang? Karena keahlian TERBURUK Anda akan MEMBATASI kesuksesan Anda.

Ya. Kita tertahan dan dibatasi oleh keahlian terburuk kita. Kita semua mempunyai kelemahan di area tertentu. Ini adalah keahlian-keahlian yang mencegah kemampuan kita untuk mencapai hasil yang lebih baik. Maka jika Anda ingin berkembang, saya mempunyai 2 pertanyaan:

•Di mana letak kelemahan Anda?

Lebih penting lagi,

•Apa rencana Anda dalam 6 bulan ke depan untuk mengembangkan atau memperbaiki kelemahan-kelemahan Anda?

Bila Anda merasa tidak yakin, Anda dapat menggunakan hal berikut ini sebagai referensi. Ingat bahwa untuk menjadi seorang penjual yang sukses, Anda memerlukan BEBERAPA MACAM keahlian. Berikut adalah keahlian-keahlian yang sangat diperlukan oleh para penjual untuk dapat berhasil:

•Kemampuan memprospek.

•Kemampuan membuat janji lewat telpon.

•Kemampuan menjalin hubungan yang akrab dengan orang yang Anda temui.

•Kemampuan menemukan fakta-fakta yang ada.

•Kemampuan mempresentasikan ide-ide Anda dengan efektif.

•Kemampuan menangani keluhan dan

•Kemampuan membaca sinyal-sinyal pelanggan yang akan membeli dan menutup penjualan.

Jadi dari daftar di atas, di manakah letak kelemahan Anda. Begitu tahu di mana letak kelemahan itu, Anda akan menyadari bahwa Anda TIDAK DAPAT mencapai hasil yang lebih baik dan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi karena Anda tidak menguasai keahlian-keahlian tersebut. Bila Anda berharap untuk dapat mengembangkan performance Anda, mendapat hasil yang lebih baik dan menikmati penghasilan yang lebih tinggi, maka Anda perlu untuk mengembangkan keahlian-keahlian tersebut di atas. Semakin cepat Anda mengembangkan keahlian-keahlian tersebut, semakin cepat pula Anda akan dapat menikmati performance yang lebih baik dan penghasilan yang lebih tinggi.

Inilah hal yang luar biasa.

Kebanyakan dari kita sudah mengetahui di mana letak kelemahan kita. Bila tidak secara eksplisit, setidaknya kita mengetahuinya di dalam hati kita. Walaupun demikian, kita tetap terus bergantung pada keahlian-keahlian terbaik atau terkuat kita untuk membantu

dalam mencapai target penjualan dan BERTANYA-TANYA mengapa kita tidak mampu untuk mencapai hasil yang lebih baik! Ironis, bukan ?

Jadi Anda serius ingin meningkatkan performance Anda untuk dapat menikmati penghasilan yang lebih baik, jujurlah pada diri sendiri:

•Jujurlah dengan diri sendiri dan kenalilah kelemahan-kelemahan Anda.

•Lakukanlah tindakan-tindakan yang spesifik dan konkrit untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Bila Anda melakukan hal itu, katakanlah dalam waktu enam bulan ke depan, Anda akan menemukan bahwa masalah-masalah yang Anda temui dalam pekerjaan dan dengan pelanggan prospektif Anda akan semakin berkurang. Hal ini karena semakin Anda kompeten dalam perkerjaan, semakin mudah pula Anda bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Begitu keahlian Anda berkembang, masalah-masalah yang tadinya sulit, tidak menjadi masalah lagi karena sekarang sudah dapat Anda atasi dengan baik. Bila itu terjadi, tingkat stres Anda menurun dan Anda akan mulai mendapatkan hasil yang lebih baik. Hal terbaik dari semua ini adalah Anda akan mulai dapat menikmati pekerjaan Anda!

Betapa indahnya—masalah yang berkurang, hasil yang lebih baik, penghasilan lebih tinggi dan dapat menikmati pekerjaan dengan lebih baik—semua karena Anda mampu mengenali kelemahan dan mengambil langkah-langkah spesifik untuk memperbaiki kelemahan tersebut. Usaha enam bulan untuk memperbaiki dan keuntungan yang didapat adalah seumur hidup! Sungguh ini adalah investasi yang layak untuk dilakukan.

Sebuah konsep yang sederhana, sangat ampuh, sangat mungkin untuk diaplikasikan. Pertanyaannya sekarang… apakah ANDA akan BERTINDAK?

Until then, Happy Selling!