Tips Meningkatkan Konsentrasi Kerja

Masalah konsentrasi kerap mengganggu kita-khususnya pekerja kantor. Saat sedang menyelesaikan tugas, misalnya, pikiran kerap melayang ke mana-mana. Akhirnya, produktivitas menurun dan kinerja dianggap buruk karena tidak mampu memenuhi tenggat waktu.

Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi saat bekerja? Para ahli, melalui berbagai situs, mencoba memberikan solusi untuk Anda! Inilah beberapa di antaranya.

• Buat meja kerja Anda senyaman mungkin agar lebih mudah berkonsentrasi saat bekerja.

• Pastikan meja kerja Anda hanya untuk bekerja! Jika Anda ingin istirahat atau makan, jangan lakukan di tempat tersebut.

• Atur benda-benda yang ada di meja, agar tidak merusak konsentrasi kerja. Telepon genggam, misalnya, sebaiknya diatur volumenya agar tidak terlalu keras atau diset ke "nada getar".

• Letakkan barang-barang yang sering Anda gunakan di tempat yang mudah terjangkau. Jangan sampai Anda harus berdiri hanya untuk mengambil kertas atau pulpen!

• Pasang target kapan Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut.Buat tenggat berdasarkan jam (1 atau 2 jam untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan). Beri apresiasi untuk diri Anda sendiri jika mampu menyelesaikan tenggat tersebut!

• Rencanakan kegiatan lain yang harus dilakukan agar Anda bisa mengatur waktu, atau bekerja lebih cepat lagi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

• Bekerjalah jika memang sudah waktunya Anda bekerja.

• Bisa juga, Anda bekerja di dekat orang yang memiliki konsentrasi kerja yang baik atau yang Anda kagumi cara kerjanya. Hal ini akan memotivasi atau mendorong Anda untuk menyamai kinerjanya.

• Ambil waktu jeda. Dengan mengistirahatkan otak sejenak, Anda akan lebih mudah untuk berkonsentrasi saat kembali bekerja.

• Ciptakan ketertarikan pada pekerjaan tersebut, hingga Anda otomatis akan berkonsentrasi penuh untuk mengerjakannya.

• Tulis ide atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan menulisnya, Anda akan lebih fokus, meski saat itu daya konsentrasi Anda mungkin sudah menurun.

• Hindari pikiran bahwa Anda akan mendapatkan waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tetaplah patuh pada jadwal yang sudah Anda buat, apa pun yang terjadi.

Sebagai tambahan, ada kiat khusus dari para peneliti di Universitas Michigan, Amerika Serikat. Menurut mereka, berjalan-jalan di lingkungan yang masih alami, seperti taman atau alam bebas, tidak hanya bagus untuk paru-paru, tapi juga baik untuk meningkatkan konsentrasi.

Para ahli menambahkan, daya ingat dan konsentrasi seseorang akan meningkat 20 persen bila kita secara rutin berjalan-jalan di taman atau alam bebas. Sebab, alam memberikan efek "damai" pada kita, sehingga akhirnya otak bisa mengolah proses informasi dengan lebih baik. Pikiran kita pun tidak akan mudah teralihkan lagi, saat bekerja.

Mau mencoba kiat-kiat di atas?